Mata Kuliah Pengantar Multimedia merupakan mata kuliah pada program studi D4 Teknologi Rekayasa Multimedia, Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom, yang diambil oleh mahasiswa semester 2 (dua) yang menjadi modal awal mahasiswa dalam memahami jenis dan karakteristik elemen-elemen media yang digunakan dalam pengembangan aplikasi. Mata kuliah ini dibagi menjadi 3 (tiga) kajian pembelajaran yang masing-masing kajian memiliki capaian dan tujuan yang terukur, diantaranya :
1. Pada kajian pertama mahasiswa diajarkan mengenai elemen-elemen dasar multimedia dan media vidual 2D, seperti teks, gambar, audio, video, dan animasi. Tujuan akhir pada kajian pertama adalah mahasiswa mampu membuat animasi 2D dan video serta mampu mengkombinasikan elemen media sehingga menghasilkan suatu media yang layak dinikmati atau dikonsumsi oleh pengguna.
2. Pada kajian kedua mahasiswa diajarkan tentang obyek 3D serta software-software yang dapat digunakan untuk membangun obyek tersebut. Hasil akhir pada kajian kedua ini adalah mahasiswa mampu membangun sebuah asset 3D static yang menyerupai obyek nyata.
3. Pada kajian ketiga, mahasiswa akan diajarkan mengenai game development. Mahasiswa akan langsung membuat game sederhana pada platform tertentu menggunakan software-software yang sudah direkomendasikan, serta mamu menggunakan asset-asset yang sesuai dengan game yang dibuat.